Blog ini masih dalam tahap pengembangan dan masih banyak perubahan untuk menjadi lebih baik,jadi mohon untuk di maklum ,terimakasih. BERITA BASA BASI: Perbedaan gado-gado,karedok,pecel dan ketoprak

Tuesday 11 February 2014

Perbedaan gado-gado,karedok,pecel dan ketoprak

Oke gan kali ini gw mau bahas masalah yang gak penting,kalo loe males baca jangan di terusin ,yaitu tentang makanan yang berbumbu kacang yang menurut kalian mungkin beda antara gado-gado,karedok,pecel dan ketoprak,tapi menurut gw itu hampir mirip karna sama-sama menggunakan bumbu kacang bedanya mungkin hanya di campurannya saja ditambah macam-macam sayur atau bumbu lain,
Oke langsung aja berikut ini makanan yang menurut gw hampir sama,yaitu:

1.Gado-gado
Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.
2.Karedok / Keredok
Karedok atau keredok adalah salah satu makanan khas Sunda di Indonesia.bedanya dengan gado-gado Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.



3.Pecel
Pecel lebih mirip dengan gado-gado ialah makanan yang masih menggunakan sambal bumbu kacang sebagai komposisi utamanya dan sayuran yang di rebus hanya pecel tidak menggunakan campuran jagung,pare,kentang,dantahu . Tidak tahu darimana pecel berasal, beberapa daerah mengklaim mempunyai ke-khasan sendiri di tiap- tiap kota. namun menurut sejarah pecel sangat familiar di daerah karesidenan madiun, jawa timur.



4.Ketoprak
yang terakhir ini adalah sejenis makanan yang namanya sama dengan kesenian jawa yaitu ketoprak ,Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Ketroprak merupakan makanan asli Indonesia.



demikian perbedaan makanan Gado-gado,karedok,pecel dan ketoprak,mungkin agan di rumah yang blum tau apa bedanya makanan tersebut,dan jangan sampai ketuker ya dan salah,oke..
by Dede Supirman

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia_bahasa_Indonesia

              http://www.google.com/




No comments:

Post a Comment